8 Tips Pasti Bisa Membeli Rumah Bagi Kaum Millenials!

8 Tips Pasti Bisa Membeli Rumah Bagi Kaum Millenials!

Posted on: 2018-01-15
blog title

JIKA Anda berada dalam rentang usia kelahiran mulai tahun 1981 sampai pertengahan tahun 1990, Andalah generasi Millenials. Artinya jangan tunda lagi waktu untuk segera memiliki hunian. Membeli rumah pasti terdapat dalam daftar prioritas Anda sebagai generasi Millenials. Tapi urusan membeli rumah tentu bukan perkara mudah. Anda perlu sering berdiskusi dengan pasangan (bagi yang sudah menikah), maupun orang tua (bagi yang masih single), serta mengumpulkan banyak informasi dan mencari beragam tips membeli rumah sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang diinginkan. Jangan sampai karena kurangnya perencanaan, hitungan, serta informasi, bangunan yang semestinya menjadi rumah idaman, malah menjadi tempat tinggal yang tidak nyaman.

Sebagai developer terpercaya Kota Medan, berikut adalah beberapa tips andalan yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli hunian untuk yang pertama kalinya:

1. Hitung dengan Teliti

Urusan beli rumah adalah urusan jangka panjang. Pada tips membeli rumah yang pertama ini, Fox Business menyarankan Anda untuk menghitung secara cermat berapa ongkos dan biaya yang akan dikeluarkan secara total untuk rumah baru itu. Hitungan tersebut termasuk uang muka, besaran uang cicilan per bulan, pajak, bunga jangka panjang, asuransi, dan utilitas lainnya, mulai dari pemasangan infrastruktur, ongkos pulang – pergi, atau ongkos-ongkos perbaikan yang diperlukan. Jangan sampai tergiur iklan, tapi ternyata ada tambahan biaya lain yang belum terhitung dan begitu dijumlah angkanya menjadi luar biasa. Hitunglah dengan membayangkan Anda dan keluarga akan menempati rumah itu dalam waktu bertahun-tahun, lalu sesuaikan dengan budget rumah tangga. Upayakan batasannya adalah tidak lebih dari 30 persen pendapatan Anda maupun gabungan pendapatan Anda dan pasangan. Tak heran Wiraland sendiri juga memberikan kemudahan untuk tipe perumahan ini. 

2. Riset dan Bandingkan Sumber Pinjaman

Jika Anda memilih membeli rumah dengan sistem cicilan atau KPR, jangan lelah untuk riset dan membandingkan tawaran KPR yang disediakan oleh beberapa bank. Upayakan Anda menghitung tawaran bunga pinjaman secara teliti. Terutama soal skema yang dipilih, apakah menggunakan bunga tetap, fluktuatif, dan lainnya. Jangan ragu juga bertanya soal faslitas pinjaman yang bisa diberikan oleh bank kepada Anda. Khusus untuk tahun 2018, Wiraland memberikan bunga flat sebesar 3% selama setahun. Jika dihitung, maka Anda akan menghemat sangat banyak sekali. Tunggu apa lagi, segera ambil kesempatan tersebut, karena penawarannya hanya berlaku sampai 31 Januari 2018. 

3. Rekam jejak kredit

Anda harus sangat memperhatikan tips membeli rumah ketiga ini, agar mudah memperoleh pinjaman atau kredit. Mengapa? Sebab proses KPR dan pencairan pinjaman dana bisa jadi berbelit jika Anda memiliki riwayat pelunasan utang yang buruk sebelumnya. Terutama untuk Anda yang pernah bermasalah dengan kartu kredit atau kredit tanpa agunan sebelumnya. Anda harus memastikan sudah membereskan masalah utang atau tidak memiliki beban utang yang tinggi sebelum mengajukan kredit rumah. Sebab penyedia dana akan selalu melihat dan menghitung rasio utang Anda. Jika terlalu tinggi, maka akan makin rendah kemungkinan persetujuan pinjaman untuk membeli rumah.

4. Baca Kontrak Secara Cermat

Untuk bagian tips membeli rumah yang satu ini, Anda haruslah sangat cermat dalam membaca berbagai macam kontrak atau surat-menyurat dan dokumen. Baik kontrak yang disediakan peminjam dana atau agen penjual rumah Anda. Jika ada istilah yang tidak Anda mengerti, tanyalah sampai jelas karena para Sales Wiraland sendiri juga akan membantu Anda sampai tuntas dalam memahami kontrak yang akan diberlakukan. 

5. Survey dan Pelajari Lingkungan Rumah

Rumah yang akan Anda tempati nanti adalah untuk membesarkan anak dan keluarga. Pastikan Anda mengetahui secara pasti calon lingkungan maupun tetangga Anda nantinya. Sesuaikan dengan pola hidup yang Anda impikan bersama keluarga nantinya.

6. Pisahkan Anggaran Pengeluaran

Tips membeli rumah dari perencana keuangan Prince Financial Advisory, Lauren Prince, adalah memisahkan dan mengkategorikan pengeluaran sebagai pasangan. Kategori dipisah dalam tiga kelompok yakni; survival, liveable, dan comfortable. Dengan begitu Anda dan pasangan tidak akan tergoda untuk pengeluaran tidak perlu dan bisa tetap mencicil rumah.

7. Jangan Menunggu Pasar

Dalam kurun waktu belakangan ini, pergerakan pasar properti serba tak pasti. Jangan pernah menunggu pasar turun atau suku bunga turun. Jika nilai rumahnya memang cocok dan masuk dalam hitungan Anda, jangan ragu untuk membeli. Menurut HGTV, jika terlalu lama menunggu kondisi ekonomi yang serba tak pasti, bisa jadi Anda kehilangan kesempatan memiliki rumah terbaik.

Rumah medan, rumah dijual, rumah murah, rumah baru, rumah cantik, jual rumah murah, harga rumah murah, rumah murah jakarta, rumah dijual murah, rumah murah di Jakarta, rumah kpr murah, rumah minimalis, kredit rumah murah, rumah dijual olx, jual rumah di medan, rumah murah di medan, olx rumah medan, olx medan, rumah sewa di medan, rumah dijual di medan, rumah pohon medan, harga rumah murah, harga rumah murah minimalis, rumah minimalis, harga rumah minimalis, harga rumah di Jakarta