Harap Tunggu

Media - Media Detail

Tips Membeli Jual Rumah Bekas Di Medan

10 September 2022 - Artikel

Ketika Anda akan membeli rumah dijual di Medan Johor bekas memang bisa digunakan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan hunian. Sebenarnya di saat membeli rumah di jual bekas akan lebih memberikan keuntungan, karena memang untuk harga rumah bekas ini lebih terjangkau dan bebas dari pajak pertambahan nilai (PPN). Beberapa tips yang ada di bawah ini bisa diterapkan sebelum nantinya membeli rumah bekas.

 

Jangan Membeli Lewat Perantara 

Membeli rumah bekas murah langsung kepada pemiliknya memang sangat disarankan. Karena Anda dapat menanyakan secara langsung terkait dengan berbagai hal tentang rumah tersebut, seperti awal mula dibangun, lingkungan yang ada di sekitarnya, alasan kenapa dijual dan masih banyak lagi yang lainnya. Keuntungan lainnya Anda nanti akan bebas melakukan negosiasi, sehingga harga rumah bekas bisa Anda dapatkan jauh lebih murah. Anda nantinya dapat lebih optimal ketika melakukan tawar-menawar. Penjual juga tidak akan tahan harga, karena memang tidak harus membayar komisi perantaranya.

 

Pilih Broker yang Benar 

Jika Anda sudah terlanjur senang dengan sebuah rumah dan harus membelinya melalui broker atau perantara, maka pastikan broker tersebut bisa untuk dipercaya. Anda nantinya dapat  bertanya kepada relasi terkait broker rumah dijual di Medan Johor yang terpercaya. 

Bisa juga menggunakan jasa perantara properti yang sudah terkenal dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Mereka umumnya akan memberikan pelayanan untuk menguruskan berbagai dokumen untuk jual beli. Terkadang juga bisa membantu untuk mengurus KPR jika Anda ingin melakukan transaksi secara kredit.

 

Mencari Tahu Usia Bangunan 

Usia bangunan komplek perumahan baru di medan dapat mempengaruhi harga rumahnya. Jika kurang dari 10 tahun masih bisa erbilang baru, usia 10 - 20 tahun tergolong sedang dan usia bangunan lebih dari 20 tahun tergolong bangunan tua. Jika rumah tersebut pernah dilakukan renovasi, Anda dapat bertanyakan kapan terakhir rumah tersebut direnovasi. 

Berbagai hal yang lain harus Anda ketahui adalah dari segi kualitas bahannya, tipe struktur dan juga kualitas pengerjaannya. Rumah yang semakin tua pastinya memiliki kualitas yang semakin turun, bila Anda berminat maka juga harus mempersiapkan dana tambahan untuk renovasi.

 

Amati Lingkungan Sekitarnya 

Lingkungan ini akan sangat penting untuk selalu diperhatikan, sehingga nanti dapat merasa nyaman dan juga aman ketika tinggal di rumah tersebut. Akses jalan juga dapat dipertimbangkan, jika membutuhkan jalan yang luas karena memiliki mobil pasti luas jalan dapat dijadikan pertimbangan.

 

Kelengkapan Legalitas yang Dimilikinya 

Anda harus cermat dengan sertifikat rumah dijual di Medan Johor atau SHM, sertifikat IMB, bukti pembayaran PBB dll. Pastikan nama yang tertera sama dengan nama yang menjual rumah tersebut. Jika tidak segera minta untuk balik nama atau surat jual beli dengan pemilik yang sebelumnya. Tahapan ini cukup penting, karena akan menyangkut hukum kepemilikan. Jangan sampai nantinya muncul perselisihan pada kemudian harinya.

 

Realated Media

Project Kami

Lihat Semua